Alquran

Kastara.ID, Jakarta – Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Aziz Andriansyah mengatakan saat ini pihaknya tengah mengusut kasus dugaan pembakaran Alquran. Hal ini menyusul beredarnya video yang memperlihatkan pembakaran kitab suci umat Islam itu di jejaring sosial Instagram.

Saat memberikan keterangan (25/5), Aziz menyatakan, pihaknya telah memeriksa seorang wanita yang diduga menjadi pelaku pembakaran. Namun wanita tersebut membantah melakukan pembakaran Alquran. Ia juga membantah mengunggah video tersebut di media sosial.

Aziz menjelaskan, kepada polisi, wanita itu mengaku akunnya telah dibajak oleh orang lain, pemilik akun instagram @farhanah_santoso_245. Menurut Aziz, polisi telah memeriksa akun instagram tersebut dan diketahui nama wanita tersebut telah dipakai orang lain.

Sebelumnya publik dihebohkan dengan video pembakaran kitab suci Alquran yang disebutkan berada di Jakarta Selatan. Video peristiwa tersebut diunggah oleh akun instagram @farhanah_santoso_245.

Dalam video yang langsung menjadi viral itu terlihat api membakar setengah Alquran. Selain itu terdapat pula kata-kata tidak pantas yang ditulis di halaman kitab suci tersebut.

Terdapat pula foto KTP seorang perempuan yang beralamat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Diduga foto KTP itu adalah pemilik akun @farhanah_santoso_245. Video tersebut langsung mendapat respons akun lain. Beberapa di antaranya menyebarkan ulang video tersebut. (ant)