Kastara.id, Jakarta – Monas merupakan salah satu tujuan wisata yang paling populer di Jakarta. Pada hari pertama Lebaran, Monas akan tetap buka di mulai pukul 10.00 WIB pagi setelah Shalat Idul Fitri.

“Untuk hari pertama Lebaran 2017 ini, kita akan buka pukul 10.00 pagi, setelah Shalat Idul Fitri 1438 H,” kata Kasi Prasarana dan Sarana UPT Monas Budi Eko Sukmanto di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6).

Namun, katanya, pada hari Lebaran kedua, Senin (26/6), Monas libur, tidak menerima pengunjung. Setiap hari Senin, libur, karena untuk perawatan di taman maupun di Tugu Monas.

Menurutnya, untuk antisipasi animo masyarakat berkunjung ke Monas dalam libur Lebaran 2017 ini, pihaknya telah bekerja sama dengan Bank DKI untuk penjualan tiket, karena sudah sistem e-ticketing, sehingga akan mengurangi antrean untuk pembelian tiket. “Nanti kita akan buka loket tambahan, sebelum masuk pengunjung sudah beli tiket lebih dahulu,” ujarnya.

Terkait dengan masalah keamanan, menurutnya tidak ada masalah karena sudah ada dari pengamanan dalam (pamdal) dan unsur dari TNI dan Polri, baik Sabhara, maupun Garnisun dari Jakarta Pusat. “Semuanya sudah siap,” katanya.

Ia mengimbau, kepada para pengunjung di Monas supaya tetap menjaga kebersihan. Terutama mentaati semua peraturan yang ada dan yang penting membuang sampah pada tempatnya.

Disebutkan, pengunjung Monas tahun lalu, pada hari libur Nasional di atas 15 ribu pengunjung, bahkan sampai 20 ribu pengunjung. “Diperkirakan, libur Lebaran tahun ini juga bisa mencapai 15 ribu pengunjung per hari,” ujarnya. (nad)