CPNS 2021

Kastara.ID, Jakarta – Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka pada akhir Juni 2021.

“Nanti kira-kira akhir bulan ini kami akan konferensi pers terkait pengumuman CPNS. Jadi siap-siap saja,” tutur Paryono dilansir CNNIndonesia.com (23/6).

Sementara itu seleksi guru PPPK juga akan dibuka dengan pelaksanaan seleksi pada Agustus, Oktober, dan Desember.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi X DPR di Komplek DPR/MPR mengatakan, kesempatan seleksi dibuka tiga kali, di mana peserta yang tidak lolos pada seleksi pertama bisa mengulang di seleksi selanjutnya.

Ia berharap seleksi PPPK bisa dilanjutkan tahun depan karena jumlah tersebut tidak menutup kebutuhan guru di sekolah negeri yang mencapai 1 juta.

“Karena kalau melihat kebutuhan guru ini jika tidak terpenuhi sampai tahun 2024 bisa jadi 1.312.759 (orang),” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan kuota untuk menerima 105.777 dari 189.102 formasi ASN pada seleksi 2021. Dari jumlah tersebut, 84.282 formasi di antaranya untuk CPNS dan jumlah yang sama untuk PPPK non guru. (ant)