PPKM Mikro

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menolak opsi lockdown dan tetap memutuskan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk mengendalikan kasus Covid-19.

“Pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih menjadi kebijakan paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19,” ujar Jokowi (23/6).

Hal tersebut lantaran lockdown akan mematikan ekonomi rakyat.

“Kenapa pemerintah memutuskan PPKM mikro, karena masih menjadi kebijakan yang paling tepat mengendalikan covid-19, karena (pengendalian) bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat,” sambungnya.

Kendati demikian, Jokowi tak memungkiri banyak desakan karantina wilayah atau lockdown di tengah lonjakan kasus Covid-19 saat ini. Namun, menurutnya, PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi serupa yakni membatasi kegiatan masyarakat.

“Untuk itu tidak perlu dipertentangkan. Jika PPKM mikro terimplementasi dengan baik, tindakan di lapangan terus diperkuat, semestinya laju kasus terkendali,” tutur Jokowi.

Hanya saja, lanjutnya, penerapan PPKM mikro saat ini belum menyeluruh di seluruh wilayah dan masih bersifat sporadis. (ant)