Kastara.ID, Assen — Pembalap paling cekatan di MotoGP adalah pembalap Spanyol, Marc Marquez. Pembalap asal Cervera ini sering terjatuh di saat-saat genting sesi MotoGP, tapi kerap tidak membuang waktu, melainkan menggunakan segala cara untuk menyelesaikan rintangannya.

Salah satu kejadian unik yang paling dikenang adalah ketika pembalap Repsol Honda itu ‘mencuri’ motor salah satu fotografer di Assen.

Marquez terjatuh dalam sesi Kualifikasi MotoGP Belanda di Sirkuit Assen musim 2016 yang lalu, dia menghancurkan motornya dan tak dapat melanjutkan sesi.

Kemudian berlari menuju paddock untuk mengambil motor kedua, di sektor tempat dia mengalami kecelakaan. Marquez pun melihat skuter putih dengan kunci yang masih menempel, lantas dia membawa lari motor tersebut menuju boksnya.

Rupanya, motor tersebut milik salah satu fotografer MotoGP yang biasa parkir di pinggir lintasan di titik tertentu.

“Saya melakukan kesalahan saat kualifikasi dan jatuh di lap kedua. Para marshal agak jauh, dan saya melihat skuter dengan kunci di dalamnya dan tidak ada orang di sekitar. Ketika saya mengambilnya, saya melihat bahwa itu milik seorang fotografer, tapi dia mengizinkan saya,” ujar Marquez yang dilansir MotoGP.com.

“Saya ingin kembali ke pit secepat mungkin, jadi sejujurnya saya akan mengambilnya bahkan jika dia mengatakan tidak! Berkat kerja keras yang dilakukan oleh tim, saya bisa kembali ke trek selama dua lap dan kami berhasil meraih start keempat,” imbuh Marquez.

Setelah menjalani Kualifikasi yang sulit di musim tersebut, Marquez dapat mengamankan posisi start keempat, memimpin baris kedua di starting grid (race 2016).

MotoGP Belanda akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir paruh pertama musim 2023. (tra)