Demo

Kastara.ID, Jakarta – Demontrasi mahasiswa yang marak di Jakarta dan sejumlah kota besar memberikan sentimen negatif terhadap bursa efek di Tanah Air. Investor menaruh perhatian serius atas gerakan mahasiswa tersebut sehingga membuat anjlok Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada perdagangan hari ini.

Pada penutupan perdagangan hari ni IHSG anjlok sebesar 1,1 persen menjadi  6.137,61.  IHSG sempat sedikit melemah moderat pada perdagangan sesi pagi, namun menjelang penutupan penurunannya menjadi lebih tajam.

Investor di Jakarta larut dalam kekhawatiran hingga mengabaikan kabar positif dari sesi pembukaan perdagangan saham di Eropa yang berhasil membukukan rebound teknikal. Koreksi suram yang mendera IHSG kali ini terlihat semakin menyedihkan di tengah gerak indeks di bursa saham Asia yang cenderung mampu bertahan di zona positif.

Keprihatinan investor akhirnya muncul, terlebih sentimen eksternal dari suramnya kinerja perekonomian Eropa dan Jerman, seolah berpadu serasi dengan aksi demo yang berlangsung. Laporan yang berhasil dihimpun menyebut, aksi demonstrasi mahasiswa kali ini yang menuntut pemerintah Jokowi dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk membatalkan revisi sejumlah Undang-Undang yang dinilai mengkhianati amanat reformasi.

Meluasnya aksi demonstrasi hingga berbagai kota seakan menjadi peringatan serius bahwa gejolak politik mengancam jalannya perekonomian dan pada gilirannya harga-harga saham harus terkoreksi. Tekanan jual akhirnya terus melaju dan penurunan IHSG tak terelakkan. (mar)