Karhutla

Kastara.ID, Jakarta – Perjuangan penuh resiko dilakukan anggota Satuan Tugas Terpadu Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas TPB Karhutla) DKI Jakarta saat melakukan pemadaman karhutla di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Komandan Regu Gulkarmat Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta Kusnanto mengatakan, proses pemadaman mencakup area yang sangat luas dengan sebaran titik api yang memanjang.

“Sejauh mata kita memandang itu asap semua, seperti kabut yang tak hilang-hilang,” ujarnya, Selasa (24/9).

Personel Dinas Gulkarmat yang menjadi bagian Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta Feri Handantika menuturkan, proses pemadaman karhutla nyaris tidak memiliki ruang udara murni. “Asapnya sangat menguras tenaga. Di sini nyaris tidak ada udara murni,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Regu Gulkarmat Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta Supriharyono menambahkan, seluruh anggota personel yang bertugas untuk melakukan pemadaman karhutla akan berjuang dengan optimal.

“Kami hanya bisa berusaha dan berdoa. Semoga masyarakat di Jambi segera terbebas dari bencana karhutla dan asap,” tandasnya. (hop/put)