Pertumbuhan Ekonomi

Kastara.id, Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan investasi dan infrastruktur telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi triwulan III-2017.

“Pertumbuhan ekonomi triwulan III-2017 memang hanya 5,06 persen, mungkin tidak sesuai harapan, tapi ada beberapa bagian dari data tersebut yang sangat menarik. Investasi tumbuh sampai 7 persen, tertinggi untuk beberapa tahun terakhir. Inilah yang kita inginkan, investasi tumbuh cepatan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi itu sendiri,” kata Bambang di Jakarta, Kamis (23/11).

Selain investasi, lanjut Bambang, sektor konstruksi yang juga tumbuh 7 persen dan sektor manufaktur tumbuh di atas 4 persen. Hal ini jelas menunjukkan hal yang positif kendati masih banyak hal yang perlu diperbaiki karena manufaktur merupakan sektor terbesar yang diharapkan dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi domestik.

Menurutnya, sektor manufaktur dan konstruksi masing-masing tumbuh dikisaran 4 persen dan 7 persen. Artinya sudah mulai banyak investasi ke sektor konstruksi, baik properti maupun infrastruktur.

“Dari situ kita sudah mulai melihat denyut investasi infrastruktur tidak hanya dari pemerintah tapi juga dari swasta,” kata Bambang. (mar)