Rapid Test(sindonews.com)

Kastara.ID, Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) dinyatakan negatif Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan tim kesehatan dari Hilal Merah Indonesia (Hilmi) dan Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) FPI Aziz Yanuar menjelaskan, Tim Mer-C memiliki alat tes swab lengkap. Saat memberikan keterangan (23/11), Aziz menuturkan, tes swab dilakukan pada Ahad (21/11). Hasilnya sudah keluar dan HRS beserta keluarganya dinyatakan negatif.

Aziz menambahkan, sebelumnya HRS juga sudah pernah melakukan tes swab. Pada Selasa 10 November 2020, saat baru pulang dari Arab Saudi, HRS juga pernah melakukan tes swab. Saat itu hasilnya juga diketahui negatif.

Sementara hasil rapid test yang diselenggarakan Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya di Petamburan, Jakarta Pusat, menunjukkan belum ada warga yang terindikasi tertular Covid-19. Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono menjelaskan, rapid test dilaksanakan sejak Ahad (22/11) hingga Selasa (24/11).

Margiyono mengatakan, 139 warga yang mengikuti tes dinyatakan non reaktif. Artinya, menurut Margiyono, tidak ada warga yang tertular Covid-19. Margiyono menambahkan, jika nantinya ditemukan ada warga yang reaktif, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Puskesmas setempat guna melakukan langkah-langkah selanjutnya.

Margiyono menjelaskan, kegiatan rapid test massal yang dilakukan Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya ditujukan bagi masyarakat Petamburan. Terutama yang pernah mengikuti acara Maulid Nabi Muhammad SAW di rumah HRS.

Selain rapid test massal, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya juga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan tersebut. Kegiatan ini sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Terlebih setelah ada laporan dari Kementerian Kesehatan tentang 30 orang warga Petamburan yang dinyatakan positif Covid-19. Salah satunya adalah Lurah Petamburan Setiyanto. (ant)