Adminduk

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta membuka layanan jemput bola Administrasi Kependudukan (Adminduk) di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan No 8-9, Gambir, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin mengatakan, layanan tersebut berlangsung selama dua hari yakni pada 24-25 November 2021, mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

“Layanan jemput bola ini untuk memberikan kemudahan bagi para ASN maupun PJLP yang tidak sempat datang ke kantor kelurahan atau kecamatan. Alhamdulillah kita lihat antusiasnya sangat bagus, jadi selama dua hari ini kami layani sebanyak-banyaknya,” ujar Budi Awaludin di Balai Kota DKI, Rabu (24/11).

Dikatakan Budi, layanan Adminduk yang dibuka yakni perekaman KTP elektronik (KTP-el), penggantian foto KTP-el, pembuatan KTP-el rusak/hilang, pembuatan akte kematian dan kelahiran, update biodata Kartu Keluarga (KK) serta layanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Layanan ini gratis dan bisa langsung jadi hari ini juga,” katanya.

Menurutnya, saat ini Dinas Dukcapil DKI Jakarta tengah gencar melakukan layanan jemput bola. Tidak hanya di Balai Kota, layanan serupa juga berlangsung di lima wilayah kota administrasi, di sekolah khusus rekam untuk pemula, RW, rusun dan RPTRA yang diberi nama Kamsa atau Kampung Sadar Adminiduk.

Budi berharap, layanan yang tengah gencar dilakukan ini dapat mencapai 100 persen khususnya untuk data kependudukan seperti KTP dan KIA.

Sari Agustin (30), salah seorang ASN yang memanfaatkan layanan jemput bola ini mengaku sangat terbantu. Terlebih, layanan yang diberikan terbilang cepat. Pada kesempatan itu, ia melakukan penggantian foto pada KTP-el yang sebelumnya tidak berhijab dengan foto yang berhijab.

“Layanan ini sangat memudahkan saya, karena saya tidak perlu datang ke kelurahan karena terbentur jadwal kerja. Semoga layanan jemput bola ini semakin mudah diakses oleh masyarakat,” tandasnya. (hop)