Ayam Goreng

Kastara.ID, Jakarta – Ayam adalah menu makanan yang paling mudah ditemui. Mulai dari warteg hingga restoran cepat saji pasti menyediakan makanan ini. Aroma daging ayam yang renyah menambah selera siapa pun yang menyantapnya. Tak heran ayam menjadi menu andalan banyak orang, terutama ayam goreng.

Tapi benarkah dengan menyantap ayam terlalu sering bisa mengundang risiko terganggunya kesehatan?

Sebenarnya mengkonsumsi ayam setiap hari bisa menyehatkan. Sebab ayam adalah sumber makanan yang kaya akan asam amino atau protein adalah yang bermanfaat untuk pembentukan otot tubuh. Protein di dalam ayam juga berfungsi untuk memecah racun dalam tubuh.

Selain itu daging ayam juga mengandung vitamin C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu kanker.

Perlu diperhatikan pula jenis ayam apa yang dikonsumsi. Ayam negeri atau broiler saat masih di peternakan seringkali disuntik hormon dan antibiotik agar tetap sehat dan tumbuh besar dengan cepat. Mengkonsumsi ayam yang disuntikkan hormon dapat menganggu kesehatan dan meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit.

Sedangkan ayam kampung cenderung dilepas bebas tanpa disuntik. Sayangnya ayam yang dilepas akan memakan apa saja yang ditemuinya. Akibatnya dagingnya pun dapat menjadi ancaman bagi kesehatan.

Jenis yang paling baik untuk kesehatan adalah ayam organik dan ayam probiotik. Sebab jenis makanan dan tempat tinggalnya dijaga dengan baik sehingga menjadikan kedua ayam ini lebih sehat.

Dari semua bagian ayam, dada adalah bagian yang paling sehat. Sedangkan bagian paling jahat bagi kesehatan adalah kulit dan bagian yang berlemak. Itulah sebabnya, meski enak sebaiknya jangan terlalu sering makan kulit ayam.

Faktor lain yang diperhatikan dalam mengkonsumsi ayam adalah cara memasaknya. Ayam yang dimasak dengan cara digoreng dan dikonsumsi setiap hari tentu tidak baik untuk tubuh.

Pasalnya menggoreng dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol buruk di dalam tubuh. Hal ini dapat menaikkan risiko penyakit jantung.Akan lebih baik jika ayam diolah dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.

Ingatlah, segala sesuatu yang berlebihan, meskipun sehat, tentu tidak baik. Jadi makan ayam secukupnya saja, tidak perlu setiap hari. (put)