BNPB

Kastara/ID, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak seluruh komponen, dari pemerintah, akademisi, dunia usaha, media hingga masyarakat, menyamakan persepsi dalam upaya mempersiapkan diri bersama menghadapi potensi bencana alam di Indonesia. Salah satunya membantu sesuai standar minimal spesifikasi logistik dan peralatan untuk mengurangi penderitaan saudara kita yang terkena bencana.

Oleh karenanya, urusan bencana tidak bisa dibebankan pada satu unsur saja. “Bencana adalah urusan bersama,” ujar Doni.

Karena Bencana Urusan Bersama, Doni memberikan atensi yang sangat serius pada standarisasi dan spesifikasi teknis minimal peralatan penanggulangan bencana. Hal ini diupayakan untuk dapat dilakukan siapapun di berbagai bidang.

“BUMN, dunia usaha/swasta dan masyarakat dapat berperan serta mengurangi beban saudara kita yang sedang terkena bencana,” imbuh Doni.

Sehingga mudah untuk mengetahui spesifikasi barang yang dibutuhkan saat bencana. Merek barang dapat dicari/dipilih sendiri di pasar bebas, sehingga tidak ada monopoli merek tertentu. Dapat juga diadakan sendiri saat terjadi bencana, atau distock. Kemudian disumbangkan langsung kepada korban terdampak.

“Namun jangan lupa, laporkan kepada kami melalui Pusdalops BNPB, barang apa yang sudah dikirimkan dan lokasi mana yang sudah dibantu. Tentunya disertakan foto dan video untuk bukti dokumentasi serta publikasi kepada masyarakat luas. Sehingga tidak ada barang bantuan yang menumpuk di suatu tempat dan dapat dibagi merata di seluruh pos pengungsian/daerah yang terdampak bencana,” papar Doni. (ant)