Kastara.ID,Depok – Sebanyak 38.990 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dilantik secara serentak  di Kota Depok, Jawa Barat  Kamis (25/1).  Pelatikan serentak itu dibarengi dengan menanam pohon sebanyak jumlah petugas penyelenggara di TPS.

Ketua KPU Kota Depok Wili Sumarlin. mengatakan,”Pelantikan serentak di Depok totalnya ada 38.990 orang KPPS juga ada penanaman pohon,”.
Masih kata Wili, Untuk jumlah petugas KPPS ditugaskan saat pencoblosan 14 Februari 2024 masing – masing diisi tujuh orang dan dua orang petugas keamanan.

“Total TPS se Kota Depok ada 5.570 titik. Alhamdulillah hari ini kita sudah melantik semua KPPS,” kata Wili .

Wili  mengatakan pelatikan KPPS juga diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Soal penanaman pohon merupakan instruksi dari KPU pusat.

“Mereka akan mulai bekerja untuk Pemilu mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2024,” ucap Wili .

Ketua PPS Kelurahan Sawangan Baru Ahdad Al Ayubi mengaku bersyukur pelatikan KPPS telah berlangsung lancar.

“Secara serentak pelatikan KPPS Pemilu 2024 di Kecamatan Sawangan,” tutur Ahdad Al Ayubi.

Ahdad Al Ayubi mengatakan jumlah KPPS di Kelurahan Sawangan Baru sebanyak 378 orang.

Lebih lanjut ia mengatakan KPPS merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mereka melaksanakan pemungutan suara pada 14 Februari nanti.

“Kurang lebih 19 hari menuju pencoblosan. Saya harap petugas KPPS menjaga kesehatan dan bisa menjaga netralitas sehingga Pemilu 2024 berjalan lancar dan damai,” ungkapnya.

Ketua PPK Sawangan Mahfud mengatakan total petugas KPPS se Kecamatan Sawangan berjumlah 3.332 orang petugas.

Mereka tersebar di tujuh kelurahan yang akan bertugas nanti pada hari pencoblosan 14 Februari 2024.

“Mereka tersebar di 476 tempat pemungutan suara atau TPS. Alhamdulillah hari ini mereka sudah dilantik secara serentak,” tutup Mahfud.