Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Keramba Apung Tidung Mandiri, Kelurahan Pulau Tidung, Idham, mengucapkan terima kasih dan sangat bersyukur atas bantuan 3.000 benih ikan yang memang sangat dibutuhkan.

“Tentunya bantuan ini dapat memperbaiki kualitas produksi ikan sekaligus dapat memacu pembudidaya perikanan lebih berkembang pesat lagi. Kami akan memanfaatkan bantuan benih ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya (24/1).

Ia mengharapkan, bantuan ini dapat terus diberikan secara berkelanjutan karena nyata memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian atau kesejahteraan pembudidaya ikan dan keluarganya.

“Sejauh ini tidak ada kendala, hasil panen ikan ini sangat baik. Kami para anggota juga akan terus memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan ikan Kerapu Cantang ini,” terangnya.

Hal senada disampaikan, Ketua Pokdakan Kerapu Cantik, Kelurahan Pulau Panggang, M Fadil. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu meminimalisir pengeluaran anggota Pokdakan. Sebab, harga benih ikan Kerapu Cantang saat ini bisa mencapai Rp 100 ribu per kilogram.

“Semoga bantuan ini dapat menjadi langkah menyejahterakan warga di Kepulauan Seribu. Bahkan, dapat memberi  motivasi kepada pembudidaya ikan yang tidak aktif untuk kembali aktif,” ungkapnya.

Sementara Penyuluh Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Fauzi Rahman menuturkan, melalui bantuan tersebut, anggota Pokdakan semakin semangat dan aktif.

“Bantuan ini juga pernah diberikan pada November lalu. Semoga bantuan yang didistribusikan secara bertahap ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan warga,” bebernya.

Ia menambahkan, pendampingan kepada Pokdakan akan terus diberikan agar hasil panen ikan nantinya bisa maksimal.

“Benih ikan kerapu cantang ini memiliki ukuran 10 sentimeter. Kami akan ikut bersama-sama melakukan monitoring pertumbuhan ikan ini,” tandasnya. (hop)