Depok

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris meninjau langsung lokasi terjadinya angin puting beliung yang mengakibatkan sejumlah bangunan rusak di RW 03, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos.

Wali Kota Depok menginstruksikan Perangkat Daerah (PD) terkait untuk segera menyampaikan hasil asesmennya agar bantuan yang dibutuhkan cepat tersalurkan.

“Terdapat 21 rumah yang terdampak angin puting beliung. 13 rumah di RT 03 dan 8 rumah di RT 02. Kejadian tersebut juga merobohkan sebuah kandang ayam yang merupakan usaha milik warga, serta satu ruang kelas dan ruang koperasi di SMPN 12 Depok,” kata Wali Kota Depok, Selasa (25/2).

Idris mengatakan, saat ini sudah  dilakukan penanganan oleh pihak kelurahan dan kecamatan  serta dinas terkait. Namun,  jika sudah ada hasil asesmen, semua bantuan yang diperlukan langsung disalurkan melalui anggaran Biaya Tidak Terduga (BTT).

“Khusus untuk sekolah, karena merupakan aset pemerintah bantuannya langsung,  tidak melalui proses asesmen. Kalau rumah pribadi nanti melalui permohonan hibah dari BTT,” tegasnya

Wali Kota mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaannya, terutama yang berada di wilayah rawan bencana.

“Bagi yang tinggal di lokasi yang biasa terjadi angin kencang untuk memperkuat rumahnya dan yang biasa terjadi banjir segera mengamankan barang berharga serta dokumen penting agar mudah dievakuasi,” katanya. (*)