Gemas

Kastara.ID, Depok – Jelang peringatan Earth Hour (EH) yang jatuh setiap 26 Maret, Komunitas EH Depok melakukan Gerakan Mengumpulkan Sampah Terpilah (Gemas). Kegiatan ini merupakan rangkaian sebelum menyambut EH 2022.

“Ya, kami mengajak seluruh masyarakat Depok untuk berpartisipasi mengumpulkan barang bekas berupa barang elektronik. Seperti charger, mouse, baterai dan lain-lain,” ujar Ketua Komunitas EH Kota Depok, Niken Fitri Salwiah, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Jumat (25/2).

Dikatakannya, sampah yang dikumpulkan harus sudah terpilah dari sampah lainnya. Kemudian, lanjutnya, untuk titik lokasi pengumpulan sampah berada di Taman Lembah Gurame dan Taman Merdeka.

“Pengumpulan sampah dilakukan di tanggal 27 Februari dan 6 Maret 2022 pukul 14.00-16.30 WIB. Jika ada yang kurang jelas, hubungi contact person 089654913569 (Rajib), untuk melakukan janji temu. Setelah itu, bawa sampah terpilahmu ke titik dan waktu yang telah disepakati bersama,” ungkapnya.

Niken menyebut, sampah terpilah yang telah diterima akan disetor ke Bank Sampah Induk Harum yang berada di Jalan Merdeka. Niken juga mengimbau, agar barang elektronik sebaiknya tidak dibungkus plastik kresek, untuk mengantisipasi reaksi yang ditimbulkan akibat barang elektronik bergesekan dengan plastik.

“E-Waste biasanya dipisahkan tembaganya untuk disalurkan ke pabrik yang membutuhkan. Detailnya bank sampah tersebut yang tahu. Kami berharap masyarakat ikut berpartisipasi,” tutupnya. (dha)