MotoGP 2021

Kastara.ID, Lugano – Balapan MotoGP musim 2021 baru berjalan lima seri. Masih ada banyak balapan tersisa untuk menentukan siapa terbaik tahun ini.

Saat ini pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo memimpin klasemen sementara dengan 80 poin. Quartararo memenangi dua seri balapan dengan total tiga kali naik podium, menjadikannya salah satu favorit.

Bahkan mantan MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo, menganggap El Diablo sebagai salah satu nama paling kuat untuk menjadi kampiun 2021.

Lalu bagaimana dengan nasib bintang utama Repsol Honda, Marc Marquez?

Saat ini Marquez telah mengikuti tiga balapan sejak comeback-nya, yang sebelum itu absen selama sembilan bukan dan melewatkan hampir seluruh balapan musim 2020.

Kondisi fisik yang belum pulih 100% menempatkannya di posisi bawah klasemen dengan 16 poin, berada di urutan ke-17.

Artinya, pembalap Cervera itu sudah tertinggal 64 angka dari Quartararo. Apakah masih memungkinkan untuk mengejar?

“Itu semua tergantung kapan Marquez akan memulihkan kondisinya menjadi 100%. Yang menjadi favorit (saat ini) adalah Quartararo, tapi jika Marquez sangat kuat lagi, dia akan jadi taruhannya. Yang lebih mengkhawatirkan saya adalah waktu pemulihan ketimbang selisih poin, karena jika dia kembali ke Marquez (seperti) pada 2019 dalam waktu singkat, dan mulai memenangkan balapan, dia akan mengejar (ketertinggalan) poin,” kata Lorenzo dalam wawancara dengan Moto.it sebagaiamana dilansir Motorcycle Sports.

Tapi yang menjadi masalah utama saat ini adalah kapan Marquez bisa sembuh dan kembali fit 100%?

“Yang tidak diketahui adalah kapan dia akan dapat kembali ke performa terbaiknya, jika tidak ada masalah lebih lanjut dan jika pemulihan penuh memungkinkan. Ini adalah sesuatu yang hanya dia yang tahu,” tegas Lorenzo menambahkan. (tra)