Kastara.ID, Jerez – Pembalap tuan rumah Marc Marquez (Repsol Honda) secara resmi telah keluar dari sisa sesi akhir pekan MotoGP Andalusia 2020.

Pembalap asal Cervera, Spanyol itu sempat mengikuti sesi FP3, FP4, dan QP1, namun Marquez tak mampu meneruskan sesi berikuitnya, yakni WUP dan Race di hari ketiga, Ahad (26/7).

Sampai akhirnya pihak MotoGP secara resmi mengonfirmasi bahwa Marquez tak akan ikut balapan MotoGP Andalusia.

“Marquez tidak akan start untuk MotoGP Andalusia besok,” ungkap akun Twitter MotoGP.

Terungkap alasannya adalah kondisi Marquez yang tak memungkinkan untuk menempuh jarak balapan dengan lengan pasca patah.

Sejak Sabtu (25/7), Marquez mencoba ikut di FP3 guna mengetahui kekuatan lengannya, apakah kuat untuk menghadapi balapan 25 lap atau tidak. Sampai akhirnya semua orang kini sudah tahu jawabannya.

“Kami tidak ingin mengambil risiko lagi, Marquez tidak ingin balapan besok,” papar Manajer Repsol Honda Alberto Puig lewat keterangan resminya, usai sesi Kualifikasi.

Di seri kedua yang akan berlangsung di akhir pekan ini, Honda masih memiliki peluang lewat Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow, dan Alex Marquez.

Sempat mendominasi di FP2 dan FP3, Nakagami menjadi favorit Honda dalam balapan di Andalusia.

Seperti diketahui, Marquez terjatuh di balapan pekan lalu di Sirkuit Jerez yang mematahkan lengan kanannya bagian atas.

Marquez pun harus menjalani operasi pada Selasa (21/7). Kini setelah mengetahui kondisinya tidak kuat untuk turun balap, Marquez dan tim akan fokus untuk pemulihan dan mencoba kembali ke lintasan di MotoGP Ceko mendatang. (tra)