Kastara.id, Makkah – Layanan bus salat lima waktu (salawat) yang berhenti sejak H-3 sebelum fase Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), hari ini, Sabtu (25/08) siap beroperasi antar jemaah lagi. Demikian ditegaskan Kabid Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subkhan Cholid saat dihubungi semalam.

“Benar, bus salawat yang melayani 12 rute dari pemondokan jemaah menuju Masjidil Haram akan mulai lagi Sabtu ba’da dzuhur,” ujar Subkhan. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi jemaah. Mereka tak usah lagi jalan kaki maupun memgeluarkan uang lebih untuk sewa taksi dari pemondokan ke Masjidil Haram.

Subhan menambahkan, bus-bus salawat yang semula digunakan untuk mengantarkan jemaah ke Armuzna sudah dikembalikan oleh Naqabah (Organisasi Angkutan Darat Arab Saudi) ke perusahaan mereka masing masing. “Bus Saptco dan Rawahel telah kembali ke terminal masing-masing,” terangnya.

Kedua belas rute bus salawat yang akan kembali beroperasi adalah:
Rute 1: Aziziah Janubiah-Jamarat; Rute 2: Aziziah Syimaliah 1-Jamarat; Rute 3: Aziziah Syimaliah 2-Jamarat; Rute 4: Jamarat-Mahbas Jin-Bab Ali; Rute 5: Syisyah-Syib Amir; 6. Syisyah Raudhah-Syib Amir; Rute 7: Syisyah 1-Syib Amir; dan Rute 8: Syisyah 2-Syib Amir. Rute 9: Raudhah-Syib Amir; Rute 10: Biban Jarwal-Syib Amir; Rute 11: Misfallah Nakkasah-Jiad, dan Rute 12: Rea Bakhsy-Jiad. (put)