Sekoper Cinta

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Depok) meluncurkan Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) di lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Kelurahan Bojongsari. Program tersebut bertujuan meningkatkan peran wanita agar lebih berdaya demi terciptanya ketahanan keluarga.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, Sekoper Cinta merupakan upaya pihaknya dalam meningkatkan peran wanita, baik sebagai ibu ataupun istri dalam keluarga. Program tersebut akan diikuti oleh 100 orang.

“Akan ada 100 perempuan binaan di lokus P2WKSS yang akan mengikuti Sekoper Cinta tahun ini,” tutur Nessi usai Peluncuran Sekoper Cinta di lokus P2WKSS Bojongsari, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (25/8).

Dia menjelaskan, para peserta akan dibagi menjadi empat kelas diberikan pembinaan oleh fasilitator dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok. Dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan bakal diterapkan secara ketat.

“Sekolah akan dilaksanakan dengan delapan kali pertemuan. Di sekolah ini, ibu-ibu akan digali potensinya oleh fasilitator. Lalu akan diberikan materi tentang merawat diri, mendampingin anak dan membantu suami agar terwujud ketahanan keluarga,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Kecamatan Bojongsari Mayang Widiansari berharap dengan adanya kegiatan Sekoper Cinta dapat memberikan peningkatan kualitas unutk warga di lokus P2WKSS, khususnya kaum perempuan. Dengan begitu kaum perempuan ini dapat membantu meningkatkan ketahanan keluarga dan perkenomian.

“Alhamdulillah dengan di-launching-nya kegiatan ini semoga para peserta dapat lebih berdaya lagi di kemudian hari,” tutupnya. (dha)