Car of the Year

Kastara.id, Jakarta – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali menggelar penganugerahan mobil-mobil  terbaik di tahun 2017. Forwot Car of the Year ini sudah menjaring lima mobil terbaik, yaitu BMW i8, Honda Civic, Honda CR-V, Hyundai Tucson, dan Suzuki Ignis. Kelima mobil tersebut terpilih dari 32 mobil terbaru bukan minor change, major change, dan penambahan varian dari berbagai merek, mulai dari Jepang, Amerika, hingga Eropa.

Penganugerahan ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi mobil-mobil terbaik yang diluncurkan dalam periode yang telah ditentukan. “Di sini kami meninjau dan menimbang dari berbagai aspek untuk menilai mobil apa saja yang layak dan pantas masuk guna diadu dan keluar sebagai mobil terbaik,” kata Wakil Ketua Umum Forwot Zainal Abidin dalam keterangan resminya.

Dari 26 juri yang terlibat, proses penjurian dilakukan dengan tetap mengacu pada Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia. Fenomena yang menarik adalah dengan masuknya model berbasis listrik yang dipilih para juri.

Namun penilaian tim juri Forwot Car of the Year 2017 akan berlanjut untuk menentukan satu mobil terbaik guna membuktikan kredibilitasnya. Para awak media selaku jurnalis otomotif akan menilai mobil-mobil terbaru yang menghiasi pasar otomotif nasional dengan mekanisme menjaring 32 model baru yang meluncur dari periode Agustus 2016-Juli 2017 hingga akhirnya terpilih lima finalis.

Lima mobil finalis yang sudah disebutkan ini nantinya akan dipilih berdasarkan voting. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada finalis. Kira-kira mobil mana yang akan mendapat gelar Forwot Car of the Year kali ini? (koes)