Daeng M Fakih

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng M Fakih mengatakan, pihaknya menghormati apapun keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Itulah sebab dr Daeng menegaskan pihaknya menyambut baik pemilihan dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K) sebagai Menteri Kesehatan. IDI berharap Menkes dapat bekerja sama dalam mengatasi berbagai persoalan kesehatan di Indonesia.

Saat berbicara di Kantor PB IDI, Menteng, Jakarta Pusat (24/10), dr Daeng menyatakan semua paham harus bekerja sama dalam meminimalisir persoalan kesehatan. Pasalnya masih banyak masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Kolaborasi pihak-pihak terkait sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Terkait permasalahan yang sempat terjadi antara IDI dan dr Terawan, dr Daeng meminta hal itu tidak lagi diungkit-ungkit. Dokter asal Madura ini mengajak semua pihak berpikir ke depan. Masalah pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih perlu mendapat perhatian. Jangan sampai persoalan yang penting justru kalah dengan hal remeh temeh seperti itu.

Dr Daeng mencontohkan masalah BPJS Kesehatan yang terus defisit, stunting, dan masih banyak lagi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Jika terus mengungkit masa lalu, menurut dr Daeng, koordinasi tidak berjalan. Akibatnya masalah pun tidak bisa diselesaikan. (rya)