Longsor

Kastara.ID, Depok – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Depok pada Selasa (24/12) sore, sekitar pukul 15.00 WIB, membuat lima rumah warga di Perum Griya Depok Asri (GDA), Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya Depok, nyaris tertimbun longsoran tanah dan puing turap.

Anggota DPRD Depok dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil Sukmajaya Depok Hengki menginformasikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. Tak berapa lama pihak PUPR langsung bergerak cepat melakukan langkah tindakan penanganan longsor tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustandi yang dihubungi melalui ponselnya, Rabu (25/12), mengatakan, pihaknya menurunkan personel satuan tugas (Satgas) SDA ke lokasi tanah longsor yang berada di wilayah perbatasan RW 02 dan RW 24 Kelurahan Mekarjaya itu.

“Setelah mendapat informasi ada longsor, personel Satgas SDA langsung diturunkan ke lokasi untuk lakukan penanganan. Saat ini kami lakukan pembersihan material serta tindakan untuk mencegah longsor susulan,” kata Dadan.

“Setelah semua material dibersihkan, kami selanjutnya memperbaiki saluran air warga yang amblas yang menjadi penyebab utama longsor ini. Hal lainnya untuk mencegah agar longsor tidak semakin meluas,” kata Dadan didampingi Kabid SDA PUPR Depok Denny Setiawan dan Kasi Pemeliharaan SDA Bahtiar Ardiansyah.

“Kami akan memperbaiki saluran pembuangan air warga yang amblas dan memasang bronjongan sebagai turap sementara, sebelum pembuatan turap permanen dilakukan,” kata Dadan

Dadan memastikan tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam peristiwa longsor yang mengakibatkan lima bangunan rumah hampir tertimbun puing longsoran tanah di perumahan GDA Mekarjaya ini.

Warga GDA sangat mengapresiasi atas respons cepat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok tampak langsung melakukan penanganan, untuk mencegah longsor meluas. (*)