Mangrove

Kastara.ID, Jakarta – PT Bank DKI melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kembali melakukan penanaman bibit mangrove di Hutan Kota Pantai Indah Kapuk. Penanaman dilakukan dengan menggandeng Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Sekretaris PT Bank DKI Herry Djufraini mengatakan, secara bertahap pihaknya kembali melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di lahan seluas 500 meter persegi sejak 23 Desember lalu.

“Penanaman bibit mangrove ini merupakan program implementasi kegiatan program CSR Bank DKI Peduli,” ujar Herry, Jumat (25/12).

Dikatakan Herry, penanaman bibit mangrove di wilayah Jakarta Utara ini merupakan salah satu implementasi program keuangan berkelanjutan yang menekankan keseimbangan antara sosial, ekonomi dan lingkungan hidup khususnya dalam hal menjaga ekosistem laut.

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup di DKI Jakarta,” katanya.

Dia menambahkan, penanaman bibit mangrove atau dikenal sebagai pohon bakau dapat membantu kota mendapatkan air dan udara yang bersih. Hutan mangrove juga berfungsi sebagai pemecah gelombang laut secara alami di sepanjang pantai utara Jakarta dan menambah ruang terbuka hijau sekaligus membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Sebelumnya, pada tahun 2019, PT Bank DKI juga sudah melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di lokasi yang sama. Saat ini, ribuan pohon tersebut terus dipelihara dan telah mencapai ketinggian 1,5 meter. (hop)