MotoGP 2020

Kastara.ID, Jakarta – Pembaruan kontrak antara pembalap Spanyol Marc Marquez dengan pabrikan Jepang, Honda.

Yang umum terjadi, kontrak pembalap hanya berdurasi dua musim. Namun Repsol Honda langsung menyodorkan perjanjian kerja sama berdurasi empat tahun. Itu artinya Marquez akan tetap bersama Repsol Honda hingga Marquez berusia 31 tahun pada musim 2024.

Tentu saja yang paling sumringah adalah pihak Honda karena akan tetap menjalin kerja sama terbaik di MotoGP. Bahkan pembalap kelahiran Cervera itu menjadi satu-satunya yang telah menunjukkan kemampuannya dengan motor Honda.

Boleh jadi, kontrak tersebut sekaligus Honda telah melindungi masa depan Marc Marquez. Bahkan Honda belum bisa melupakan peristiwa 17 tahun lalu, ketika pembalap Italia, Valentino Rossi justru pindah dari Honda ke Yamaha.

Bahkan The Doctor yang berada di puncak prestasi dengan motor superpower Honda, tiba-tiba memutuskan pindah ke Yamaha, yang sedang mengalami krisis dan belum pernah memenangi balapan sepanjang tahun.

Aksi Rossi yang juga memboyong beberapa teknisi, membuat krisis dalam sejarah Honda. Selama tujuh musim dari tahun 2004 hingga 2010, Honda hanya memenangkan satu gelar juara dunia bersama pembalap Amerika Serikat, Nicky Hayden, yang berhasil mengalahkan Rossi di balapan final Valencia.

Kini bagi Honda, pembaruan kontrak Marquez mempunyai arti penting. The Baby Alien saat ini menjadi referensi utama di MotoGP dan Honda takkan mengulang kesalahan masa lalu dengan melepas Marquez, dengan menjaganya hingga empat tahun lagi dan menjamin kesuksesan pada tahun-tahun mendatang. (tra)