Kepercayaan Publik

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menyambut gembira hasil survei yang disampaikan Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) yang meyatakan sebanyak 50,5 persen responden menilai kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baik.

Politisi PDI Perjuangan asal Boyolali, Jawa Tengah itu bersyukur sekaligus berterimakasih atas respon dan kepercayaan publik terhadap lembaga perwakilan rakyat tersebut. Ia menyatakan, kepercayaan masyarakat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di negeri ini akan mendorong semangat Anggota Dewan dalam menjalankan tugasnya memperjuangkan aspirasi rakyat Indonesia.

“Adanya respon positif masyarakat yang ditunjukkan hasil survei ini merupakan hal yang menggembirakan. Pujian masyarakat seperti ini, pada gilirannya akan meningkatkan kinerja DPR dan menambah semangat para wakil rakyat dalam menjalankan tugasnya,” ucap Rahmad saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2).

Rahmad meyakini, kepercayaan ini akan membuat parlemen lebih mendengar aspirasi masyarakat dan memperjuangkannya sesuai dengan tugas dan fungsi DPR, yakni pengelolaan anggaran yang lebih berpihak pada publik.

“DPR akan melakukan fungsi kontrol pengawasan yang kuat agar pemerintahan berjalan sesuai keinginan rakyat. Selain itu, DPR juga akan terus berupaya untuk menyusun legislasi yang berpihak pada rakyat,” tandasnya.

Mengutip paparan seorang Peneliti PRC, Ian Suherlan, pada berita yang dimuat di salah satu media online, mengatakan bahwa jika diakumulasikan dengan penilaian sangat baik, maka presentasenya mencapai 50,5 persen. Survei yang dilakukan terhadap 2.197 responden itu turut memberikan pertanyaan terkait kinerja lima lembaga negara lainnya, selain DPR. Kelima lembaga negara tersebut yakni, Badan Pemeriksa Keuangan, Dewan Perwakilan Daerah, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Majelis Permusyawaratan Rakyat. (rso)