Taur Matan Ruak

Kastara.ID, Jakarta – Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak mengundurkan diri dari jabatannya, kemarin (25/2). Keputusan pengunduran dirinya dilakukan setelah partai pendukungnya membubarkan diri.

Taur mengatakan, alasan pengunduran dirinya sebagai sebuah jalan ‘buntu’. “Saya sudah bertemu dengan Presiden Guterres dan telah mengajukan pengunduran diri dari posisi sebagai perdana menteri,” kata Ruak seperti dikutip AFP.

Meski demikian, Taur juga mengatakan akan tetap menjalankan tanggung jawab sebagai perdana menteri sampai permohonan pengunduran dirinya disetujui oleh presiden.

Taur dilantik sebagai perdana menteri pada Juni 2008 di tengah krisis politik yang dihadapi Timor Leste. Penunjukan Taur sebagai perdana menteri menandai pemerintahan kedua Timor Leste sejak merdeka dari Indonesia pada 2002 lalu.

Untuk diketahui, Taur Matan Ruak atau berarti ‘dua mata yang tajam’ bernama asli Jose Maria Vasconcelos. Ia merupakan seorang komandan perlawanan Timor Timur sebelum menjadi kepala tentara di awal berdirinya Timor Leste. (har)