Kastara.id, Jakarta – Melihat data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKIDO), penyumbang penjualan mobil terbanyak masih didominasi oleh segmen MPV (Multi Purpose Vehicle). Kondisi tersebut menjadi gambaran tipikal masyarakat Indonesia yang masih menginginkan mobil multi fungsi yang dapat menampung banyak penumpang, irit bahan bakar, serta harga yang terjangkau.

Hal ini terungkap dalam diskusi bertajuk ‘Peluang dan Tantangan model MPV di 2017’ yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) di Tertine FX Sudirman, Jakarta (23/3). Dalam kesempatan tersebut hadir tiga narasumber yang mumpuni di bidang otomotif seperti Sekjen GAIKINDO Kukuh Kumara, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus, dan pemerhati otomotif serta wartawan senior di bidang otomotif Soni Riharto.

Ketiga pembicara ini memiliki pendapat yang sama bahwa kendaraan segmen MPV ke depan masih mendominasi pasar kendaraan di Indonesia. “Budaya masyarakat Indonesia yang cenderung efisien beberapa tahun ke depan masih didominasi oleh segmen MPV,” kata Kukuh.

Sementara Yannes Martinus mengatakan, peluang pasar MPV memang sangat besar. “Namun bukan tidak mungkin bakal mengalami kendala melihat segmen baru yang ada di pasar kendaraan nasional,” ujarnya.

Sedangkan Soni Riharto tetap melihat segmen MPV akan terus mendominasi. “Apalagi Wulling produsen otomotif asal Cina siap menggempur pasar otomotif nasional. Cepat atau lambat akan menjadi gangguan produsen MPV yang selama ini masih dikuasai Jepang,” kata Soni Riharto. (koes)