Kastara.ID, Jakarta – Perumda Pembangunan Sarana Jaya (Sarana Jaya) saat ini tengah melakukan penataan stasiun Tanah Abang. Pembangunan halte terintegrasi Bus Transjakarta dan kanopi di kawasan tersebut menjadi bagian kecil penataan tersebut.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengerjakan penataan Sentral Primer Tanah Abang (SPTA).

Adapun perkembangan pembangunan Halte Terintegrasi Bus Transjakarta per tanggal 21 April sudah mencapai 85 persen dan untuk Kanopi per tanggal 20 April sudah mencapai 85 persen.

“Ditargetkan pembangunan halte dan kanopi rampung di akhir bulan April 2020,” ujar Yoory (25/4).

Dikatakan Yoory, tujuan pembangunan tersebut merupakan rencana aksi jangka pendek Pemprov DKI, agar tercipta penataan kawasan Stasiun Tanah Abang yang terintegrasi antar moda serta memfasilitasi pejalan kaki baik menuju atau dari stasiun ke transportasi umum.

“Untuk pembangunan halte memiliki konsep ikonik modern dan sudah sesuai dengan standard operating procedure (SOP) halte non BRT yang telah dibuat oleh Transjakarta,” tuturnya.

Dia menambahkan, pembangunan ini merupakan bagian dari kegiatan strategis daerah (KSD) Pemprov DKI, Jakarta berkolaborasi dengan PT MRT Jakarta, PT KAI, PT Transjakarta, dan Perumda Pembangunan Sarana Jaya.

“Tentunya kami selalu berkoordinasi dengan stakeholder lain dalam penataan kawasan ini,” tandasnya. (hop)