MotoGP Andalusia 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Jerez – Gelaran MotoGP Andalusia 2020 akhir pekan ini dipastikan tak bakal diikuti pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Ia memilih mundur dari balapan MotoGP Andalusia sekaligus menjadi pertama kalinya melewatkan balapan.

Mundurnya Marquez apakah akan mengancam peluangnya meriah gelar juara dunia musim 2020? Apalagi mengingat Marquez masih belum pulih dari patah lengannya serta musim ini yang hanya ada 13 balapan.

Sejumlah spekulasi mencuat yang salah satunya mengeluarkannya dari pertarungan kejuaraan MotoGP 2020. Hanya saja pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi menolak pendapat tersebut.

“Pertama-tama, itu tergantung pada berapa banyak poin yang akan diambil Quartararo dan Vinales besok. Dan juga Dovi,” papar Rossi.

“Kejuaraan ini singkat dan (Marquez) akan mulai dengan kerugian, tapi di balapan pertama ia menunjukkan bahwa ia punya kecepatan yang hebat dan bisa menang, karena ia yang tercepat. Jadi saya rasa untuknya itu (gelar) belum berakhir,” jelas Rossi seperti dilansir Crash.

Hingga seri perdana MotoGP Spanyol pekan lalu, Rossi masih nol poin di klasemen sementara usai gagal finis di GP Spanyol pekan sebelumnya.

“Ini memalukan karena ketika Anda mendapat nol (poin) di awal kejuaraan itu sulit. Tapi terutama dari masalah teknis di balapan pertama, masalahnya adalah bahwa di balapan pertama saya terlalu banyak kesulitan dan saya terlalu lambat,” katanya.

“Kejuaraannya lebih pendek dari biasanya, tapi masih sangat panjang. Jadi target kami lebih dari memikirkan gelar, adalah berusaha menjadi kuat, berusaha untuk menjadi kompetitif,” ujar pembalap kelahiran Italia itu. (tra)