Forum Anak

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris berharap peran Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor saat pandemi Covid-19 ini dapat dimaksimalkan. Hal ini agar informasi terkait penanganan Covid-19 dapat tersampaikan dengan baik.

“Sebab forum anak sebagai penghubung aspirasi anak akan lebih mudah komunikasinya, sehingga informasi mengenai kebijakan preventif maupu kuratif dari pandemi Covid-19 dapat diterima dan dipahami dengan baik, kerena disampaikan sesama temannya,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris melalui sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Sri Utomo saat acara Pencegahan Covid-19 pada Anak dan Peran Forum Anak Kota Depok di DeCOR, Balai Kota, yang diwartakan situs resmi Pemkot Depok (25/8).

Dikatakannya, saat ini anak-anak adalah salah satu kelompok masyarakat yang rentan terpapar Covid-19. Maka dari itu, pemberlakukan pembelajaran dengan sistem dalam jaringan (daring) adalah salah satu langkah preventif yang dilakukan, selain terus meningkatkan cakupan vaksinasi bagi anak-anak usia 12 tahun ke atas.

“Harapan kami anak-anak di atas 12 tahun sudah menerima vaksin, sehingga saat pembukaan Pembelajaran Tata Muka (PTM) terbatas, siswa sudah divaksin,” jelasnya.

Lanjut dia, pemenuhan hak anak di masa pandemi menghadapi beberapa tantangan, sehingga diperlukan kerja sama yang baik antar pihak-pihak terkait. Terlebih, Covid-19 telah memberikan dampak yang luas, baik di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan keluarga serta masyarakat.

“Saya berharap semua stakeholder yang berinteraksi langsung dengan anak-anak dan remaja, untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan baik serta berkomitmen senantiasa mensosialisasikan program-program pemerintah. Khususnya yang terkait dengan perlindungan anak, demi mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Layak Anak,” tandasnya. (dha)