Gibran Rakabuming Raka

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Harian Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) Iqbal Wibisono mengatakan, pihaknya siap mengusung Gibran Rakabuming Raka menjadi calon Wali Kota Surakarta. Meski hanya memperoleh tiga kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta, namun Iqbal yakin bisa menjadi kendaraan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020.

Saat berbicara Kamis (26/9), Iqbal menyatakan pihaknya siap menjalin koalisi dengan partai-partai lain. Iqbal menambahkan, Gibran adalah salah satu tokoh muda yang layak diusung menjadi calon Wali Kota Surakarta. Iqbal menyebut masa depan bangsa berada di tangan anak-anak muda, terutama yang mempunyai visi ideologis.

Iqbal menilai Gibran mempunyai visi dan ideologis bagi masa depan. Terlebih ayah dari Jan Ethes ini adalah seorang pengusaha yang kreatif dan profesional. Itulah sebabnya, Partai Golkar membuka diri bagi Gibran untuk maju sebagai calon Wali Kota. Iqbal berjanji akan segera membangun komunikasi dengan pengusaha martabak itu.

Seperti diketahui, Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kota Surakarta menyatakan sudah menutup pintu untuk Gibran. DPC PDIP Kota Surakarta secara resmi mencalonkan pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta pada Pilkada 2020.

Jika Partai Golkar ingin mengusung Gibran maka harus berkoalisi dengan partai lain. Pasalnya komposisi kursi DPRD Kota Surakarta mayoritas dikuasai oleh PDIP dengan 30 kursi. Sedangkan partai lain yang mendapat kursi adalah PKS enam kursi, PAN, Golkar, dan Gerindra masing-masing tiga kursi. Sedangkan PSI hanya mendapat perolehan satu kursi. (rya)