Kristalina Georgieva

Kastara.ID, Jakarta – Dana Moneter Internasional atau IMF menunjuk bos baru, Kristalina Georgieva, menggantikan Christine Lagarde yang berpindah posisi menjadi Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB).

Georgieva akan menjabat selama lima tahun ke depan, mulai 1 Oktober 2019. Dia adalah calon tunggal dalam proses pemilihan Direktur Pelaksana IMF. Sebelum ke IMF, dia menjabat sebagai pimpinan eksekutif Bank Dunia. Dia lahir di Bulgaria dan merupakan orang pertama dari negara berkembang yang menjadi Direktur Pelaksana IMF.

“IMF adalah lembaga unik dengan sejarah besar dan staf kelas dunia. Saya datang sebagai orang yang percaya pada mandatnya untuk membantu memastikan stabilitas sistem ekonomi dan keuangan global melalui kerja sama internasional,” kata Georgieva dalam keterangan resminya, Kamis (26/9).

Dia mengatakan, merupakan suatu tantangan dan tanggung jawab besar menjadi pimpinan lembaga keuangan global di tengah kondisi perlambatan ekonomi dunia. Namun dengan kebijakan fiskal, moneter, serta reformasi struktural di seluruh negara, dia optimistis ekonomi akan membaik. (mar)