Kastara.ID, Noida — Dua pembalap satelit Mooney VR46 Racing, Luca Marini dan Marco Bezzecchi mengalami kontak dalam balapan Sprint Race MotoGP India.

Sayangnya, Marini terjatuh dan gagal melanjutkan balapan, bahkan dia menderita cedera cukup parah.

Tikungan 1 sirkuit Buddh mengakhiri balapan Marini. Beban semakin bertambah karena Marini dinyatakan bersalah dan harus menjalani hukuman Long Lap Penalty.

Tapi, menurut mantan pembalap MotoGP, Dani Pedrosa, kesalahan atas kecelakaan itu lebih disebabkan oleh Bezzecchi, bukan Marini.

“Jika kita melihat tayangannya, Marco Bezzecchi yang mengalami beberapa masalah saat start dan Luca Marini yang mendapati dirinya tanpa ruang,” papar Pedrosa saat berkomentar untuk DAZN, seperti dimuat MOW Magazine dan dilansir Paddock-GP.com.

“Bezzecchi tidak melakukan start dengan baik dan Marini di belakangnya,” kata Pedrosa.

“Saya benar-benar turut prihatin tulang selangkanya patah akibat kecelakaan itu dan saya harap dia segera kembali,” imbuh pembalap Spanyol itu.

“Meskipun awalnya tidak berjalan dengan baik, seperti yang Anda lihat di gambar, mereka ada di sana. Kemudian mereka tiba di tikungan pertama dan Marini tidak punya ruang: oleh karena itu Bezzecchi-lah yang menyebabkan kecelakaan, justru karena kontak dengan Marini,” tandasnya.

Menurut Pedrosa kejadian seperti ini sering terjadi dalam balapan dan seharusnya tak ada penalti untuk Marini.

Tapi sayangnya Stewards Panel telah memutuskan memberikan Long Lap Penalty untuk pembalap Italia itu. Marini harus menjalani penalti di balapan manapun yang dia ikuti selanjutnya.

Saat ini Marini sedang dalam proses pemulihan selangkanya dan dipastikan absen di balapan akhir pekan ini di Jepang. (tra)