Kastara.ID, Depok – Kegiatan dan pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tingkat Kelurahan Leuwinanggung untuk pertama kalinya di Depok berlangsung di Wisma Kinasih, Selasa (25/10). Diikuti 25 peserta, pelatihan berlangsung hingga 28 Oktober.

Sebagai narasumber Bachrum dari PUPR, Lurah Leuwinanggung Sanan Hidayat, dan dibantu Kasie Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Leuwinanggung, Mujahidin.

Lurah Leuwinanggung Sanan Hidayat mengatakan, kegiatan dan pelatihan K3 untuk pertama kalinya diadakan untuk tingkat Kelurahan se-Depok. Kegiatan ini bertujuan agar bermanfaat bagi warga Leuwinanggung ketika di wilayahnya sedang ada pekerjaan seperti pemeliharaan gorong-gorong atau jembatan dengan skala kecil. Setelah mendapatkan pelatihan dari Dinas PUPR, peserta bisa menerapkan ilmu yang didapat bagi warga di wilayahnya masing-masing.

Sanan berharap kegiatan ini untuk menerapkan K3 supaya mereka peduli terhadap lingkungan yang kotor, salah satunya mengenai kesehatan agar warga hidup bersih dan sehat sehari-hari.

Bachrum dari PUPR menyampaikan, jika ada drainase dan jalan yang sudah dibangun pemerintah Depok, seharusnya warga menjaganya serta peduli, karena banyak manfaat dengan dibuatnya jalan dan drainase. Saat musim penghujan, air tidak akan tergenang yang bisa menimbulkan banjir.

“Bahkan jika ada pekerja di wilayah kita yang tidak mempergunakan K3, warga berhak menegur si pekerjanya,” jelas Bachrum.

Sementara peserta K3 Rani mengatakan, di Kelurahan Leuwinanggung sekarang sudah maju pesat, tidak seperti 10 tahun yang lalu. Sekarang jalan-jalan di wilayah Kelurahan Leuwinanggung sudah diaspal, sudah tidak ada lagi jalan tanah. Ini setelah ada Kasi Ekbang Mujahidin yang selalu turun ke jalan memantau wilayah mana yang belum diaspal,” ujarnya.

“Alhamdulilah berkat kerja Mujahidin, masyarakat Kelurahaan Leuwinanggung  jadi senang dengan keberadaannya. Dia bekerja untuk kepentingan masyarakat umum,” tandasnya. (*)