Kastara.ID, Buriram – Pembalap Spanyol, Marc Marquez, baru saja membuka rinci soal perpisahannya dengan tim pabrikan Repsol Honda.

Mengawali kerja sama yang begitu sukses pada awal musim 2013, Marquez dan HRC harus berpisah setelah musim 2023 ini, tepat setelah 11 tahun bersama.

Marquez mengatakan bahwa dirinya dan Honda sama-sama sepakat tentang keputusan untuk berpisah, bukan kemauan egois dari satu pihak saja.

Marquez juga mengungkap bagaimana reaksi Honda ketika dia meminta untuk berpisah.

“Mereka sudah menduganya. Honda selalu sadar bahwa hal itu adalah suatu kemungkinan,” ungkap Marquez kepada Motorsport.com.

“Itulah manfaat memiliki hubungan saling percaya yang begitu sukses, sehingga memungkinkan Anda membicarakan berbagai hal secara langsung setiap saat. Saya tidak menyembunyikan apa pun dan mereka tahu kemungkinan yang ada,” imbuh Marquez.

Marquez mengungkap bahwa tidak sulit untuk mencapai kata sepakat dengan pihak Honda.

“Hubungan kami selalu sehat dan sangat konstruktif. Kami menyajikan kedua sudut pandang tersebut dan sampai pada kesimpulan bahwa demi kebaikan proyek, dalam segala hal, langkah yang diambil adalah langkah yang tepat,” tandas Marquez.

Setelah memastikan berpisah dengan Honda, beberapa hari kemudian tim Italia, Gresini Racing (satelit) ,mengumumkan penandatanganan Marquez ke skuad mereka.

Marquez akan bertandem dengan adiknya sendiri, Alex Marquez dan akan mengendarai motor Ducati Desmosedici. Ini akan menjadi pertama kalinya Marquez membalap di MotoGP dengan motor selain Honda. (tra)