Hajatan Tradisi Budaya

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Kebudayaan Kepulauan Seribu akan menggelar acara Hajatan Tradisi Budaya di Lapangan Alun-alun Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan pada tanggal 28-29 Oktober 2023.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pemanfaatan Suku Dinas Kebudayaan Kepulauan Seribu, Triyadi Purnomo mengatakan, hajatan ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka menyambut HUT ke-22 kabupaten setempat pada 9 November 2023 mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan menjaga warisan budaya dengan nilai-nilai filosofis kehidupan yang terkandung dalam bentuk tradisi seni budaya lokal,” ujarnya, Kamis (26/10).

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga bertujuan menggali potensi dan bakat yang dimiliki masyarakat. Mengingat dalam kegiatan tersebut ada lomba kapal hias dan lomba memasak olahan hasil laut, kesenian drama kolosal hingga tari masal.

“Lomba kapal hias tujuannya agar masyarakat lebih kreatif dan dapat mempercantik kapal sebagai alat transportasi,” terangnya.

Menurut Triyadi, sasaran peserta dalam kegiatan ini seluruh lapisan masyarakat dari enam kelurahan se-Kabupaten, mulai dari siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Para peserta lomba ini dapat mendaftarkan dirinya dengan cara mengakses laman https://bit.ly/RegistrasiLombaHajatanTradisi2023.

Di samping itu, kegiatan ini juga akan dimeriahkan pawai budaya dari enam kelurahan, bazar UMKM, pameran budaya dan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Diharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu,” tandasnya. (hop)