Tol Bekasi Barat

Kastara.id, Jakarta – Meski diprediksi sebagai puncak arus balik libur Natal, hingga Selasa (26/12) pukul 16.00 WIB, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek pada pintu keluar tol Bekasi Barat menuju arah Jakarta terpantau lancar tanpa hambatan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pada waktu itu belum terjadi lonjakan peningkatan frekuensi kendaraan roda empat atau lebih yang melintasi jalur tersebut. Kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan mini bus atau kendaraan pribadi yang memilih tol sebagai jalur menuju Jakarta.

Kondisi jalan tol yang lancar, berdampak pada perjalanan dari Kota Bekasi menuju Jakarta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit. Hal ini karena tidak ada kemacetan yang biasanya terjadi di pintu tol Halim.

Arus lalu-lintas arah Cikampek dari Cikunir sampai Bekasi Barat terpantau padat begitu juga di ruas Cibatu dan Karawang Barat, terutama KM 42 karena ada penambalan di bahu jalan.

Sedangkan arah Jakarta, terjadi kepadatan di KM 46 sampai 49 karena penyempitan jalur lalu di KM 28 selepas GT Cikarut karena gangguan di sisi jalan.

Disisi lain, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru memprediksi jika pada hari ini, Selasa (26/12), menjadi puncak arus balik libur Natal 2017. Dimungkinkan peningkatan volume lalu lintas pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Utama arah Jakarta, alami kenaikan.

“90.520 kendaraan atau naik 27,49 persen dari lalin normal (71 ribu kendaraan). Jika dibandingkan tahun 2016, maka peningkatan volume lalin saat puncak arus balik Natal tahun ini naik 0,18 persen,” katanya. (mar)