Kastara.ID, Jakarta – Pasar Ikan Modern Muara Baru, Kelurahan Pluit, Penjaringan, yang akan diresmikan dalam waktu dekat ini, akan menjadi salah satu destinasi wisata pesisir Jakarta Utara.

Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau mengatakan, nantinya wisatawan dapat menikmati panorama pesisir laut sambil berbelanja ikan di Muara Baru.

“Wisatawan bisa berkunjung ke laut sambil belanja ikan. Apalagi akses ke Pasar Ikan Modern Muara Baru mudah dijangkau,” ujarnya, saat menghadiri peringatan hari jadi ke-29 Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia, yang digelar di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Ahad (27/1).

Sementara Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda menjelaskan, menginjak usia perusahaan ke-29, pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan, termasuk pelayanan umum Pelabuhan Perikanan Muara Baru, Jakarta Utara.

“Dulu kita hanya mengelola pelabuhan, sekarang punya pasar modern. Kita harapkan akan ada ribuan pedagang dan konsumen dari seluruh Indonesia datang ke sini,” ucapnya.

Dijelaskan Risyanto, revitalisasi Pasar Ikan Muara Baru menjadi pasar modern merupakan salah satu penugasan pemerintah yang menjadi agenda utama perusahaan.

Saat ini, lanjut Risyanto, bangunan baru pasar sudah rampung dibangun dan tengah menunggu diresmikan operasionalnya.

“Ada white market, dry market, fersh market, ikan beku, olahan, kuliner dan pedagang pendukung. Di bawah 900 kios dan di atas sekitar 120-an, peresmiannya kita menungggu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” katanya.

Peringatan hari jadi ke-29 yang mangambil tema ikan ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba lari santai empat kilometer (fun run 4K), karnaval, lomba mewarnai untuk siswa TK dan SD, serta berbagai hiburan lainnya. (hop)