Kastara.ID, Jakarta – Sejak awal hingga 27 Januari 2019, tercatat 10 kali peristiwa kebakaran terjadi di wilayah Jakarta Barat.
Hal ini disampaikan Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi pada Gathering Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Ahad (27/1).

“Saya sedikit gak happy karena dari tanggal 1 hingga 27 Januari sudah terjadi 10 kali peristiwa kebakaran,” ujar Rustam.

Ia mengungkapkan, dari rentetan peristiwa kebakaran yang terjadi, paling besar terdampak di Kelurahan Jelambar Baru, Kecamatan Grogol Petamburan, serta musibah kebakaran yang melanda permukiman warga tiga RW di Kelurahan Tomang.

Dikatakan Rustam, sejumlah lokasi rentan terjadi kebakaran besar yang disebabkan kondisi padat penduduk serta penataan kabel listrik yang tidak sesuai standar.
Untuk itu, Rustam mengimbau warga mengganti pemakaian kabel yang tidak sesuai standar guna mencegah atau meminimalisir terjadinya musibah kebakaran.

Ia juga mengimbau, agar warga melakukan berbagai upaya pencegahan kebakaran di lingkungan masing-masing.

“Pemakaian kabel harus sesuai standar untuk mengantisipasi terjadinya korsleting yang jadi pemicu kebakaran,” tukasnya. (hop)