Darmayanti Lubis

Kastara.id, Medan – DPD RI melakukan peninjauan ke beberapa TPS di Sumatera Utara sebagai tindak lanjut pengawalan pelaksanaan Pilkada serentak. Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis bersama Senator Provinsi Sumatera Utara Rizal Sirait mengunjungi beberapa TPS untuk memantau pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Provinsi Sumut.

Saat kunjungannya ke TPS 013 Kelurahan Medan Estate, Deli Serdang dan TPS 001 Kelurahan Bantan, Medan, hari Rabu (27/6), Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis tidak menemui permasalahan yang berarti. Pelaksanaan pencoblosan di kedua TPS tersebut relatif berjalan lancar. Dirinya berharap agar antusiasme masyarakat untuk datang ke TPS sangat tinggi, dan masyarakat dapat menggunakan hak suara untuk memilih kepala daerah pilihan mereka.

Meskipun begitu, saat berbicara dengan masyarakat, Darmayanti Lubis masih menemui beberapa warga yang belum mendapat formulir C6, meskipun sudah tinggal lama di daerah itu.

“Pendataan sampai tadi malam masih banyak yang belum menerima C6. Meskipun jam 12 dapat datang dengan membawa e-KTP, tetapi masalahnya belum tentu semua masyarakat paham. Yang saya dengar sosialisasi juga kurang banyak. Masyarakat berpikir kalau tidak ada panggilan apa pula kami datang,” kata Darmayanti Lubis yang juga Senator dari Sumatera Utara ini.

Selain itu, untuk daerah yang memiliki calon tunggal, seperti Kabupaten Deli Serdang, Darmayanti Lubis juga berpendapat mengenai pentingnya sosialisasi kepada masyarakat terhadap pelaksanaan pencoblosan yang hanya terdapat calon tunggal dan pilihan kotak kosong atau tanpa gambar di sebelah kartu suara. Menurutnya banyak masyarakat yang belum mengetahui soal mekanisme pilkada dengan calon tunggal, terutama mengenai hasil perolehan suara dari pasangan calon tunggal dengan kotak kosong.

“Di sini (Deli Serdang), bupatinya hanya melawan kotak kosong. Kira-kira masyarakat paham ga soal itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Senator Rizal Sirait yang meninjau ke beberapa TPS di Kota Medan, salah satunya adalah TPS 29 Kelurahan Harjosari 1 Kota Medan, berpendapat bahwa partisipasi masyarakat belum terlihat. Terbukti dari minimnya DPT yang sudah mencoblos. Meskipun terdapat kemungkinan pemilih baru datang ke TPS setelah pukul 10.00 WIB.

Rizal Sirait juga menilai pelaksanaan pencoblosan berjalan lancar, aman, dan kondusif. Keberadaan pihak keamanan dan kepolisian di setiap TPS dapat mencegah adanya gangguan-gangguan saat pencoblosan.

“Saya harap pilkada di Sumut dapat berjalan baik. Petugas TPS dan aparat keamanan dapat bekerja secara proporsional, pencoblosan berjalan lancar, damai, dan aman,” ucap Rizal yang tergabung dalam Komite I DPD RI. (tra)