Kastara.id, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin direncanakan akan melepas secara simbolis jamaah calon haji kelompok terbang (Kloter) Pertama asal DKI Jakarta dari Asrama Haji Pondek Gede.

“Jemaah akan akan dilepas secara simbolis dalam upacara yang akan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, yang akan dilakukan mulai pukul 03.30 dini hari hingga pukul 05.00 WIB. Setelah itu, jemaah akan diberangkatkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma dan pesawat akan terbang pada pukul 08.20 WIB,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nur Syam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (27/7).

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPHI) mulai menyerahkan uang living cost kepada 393 jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (27/7) pagi ini. Ratusan jemaah haji asal Jakarta Barat tersebut akan berangkat ke Tanah Suci Makkah melalui Bandara Halim Perdana Kusuma pada Jumat (28/7) pukul 08.20 WIB.

Tidak hanya menerima uang living cost, para jemaah juga menerima paspor dan juga gelang identitas, gelang barkot, dan juga gelang kesehatan.

Nur Syam menyerahkan uang living cost tesebut kepada jemaah secara sembolis. Uang sebesar 1.500 riyal atau kurang lebih Rp 5 juta tersebut nantinya sebagai biaya hidup jemaah selama melaksanakan ibadah. “Mudah-mudahan uang ini bermanfaat buat bapak ibu sekalian. Tolong jaga sebaik-baiknya uang ini. Karena ini uang untuk kehidupan,” ujar Nur Syam.

Pada kesempatan tersebut, Nur Syam mengucapkan selamat kepada para jemaah haji yang telah dipanggil oleh Allah untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Para jemaah haji tentunya sudah menunggu lama untuk melaksanakannya. Kita semua meyakini kalau haji itu panggilan Allah SWT. Jadi, segala upaya telah kita lakukan, menunggu sudah kita lakukan,” kata Nur Syam. (nad)