Pilkada 2020

Kastara.ID, Jakarta – Partai Demokrat dan PDIP berkoalisi untuk mengusung calon kepala daerah setidaknya di tiga wilayah yang menggelar Pilkada serentak 2020. Yakni Mamuju (Sulawesi Barat), Bangka Selatan, dan Belitung Timur (Kepulauan Bangka Belitung).

“Partai Demokrat berkoalisi dengan PDIP bukan hanya di Mamuju,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto, seperti dilansir CNNIndonesia, Senin (27/7).

Selain itu, Demokrat juga membuka peluang koalisi dengan PDIP di luar tiga wilayah tersebut. Ia menilai semua partai pasti memiliki cara pandang bahwa koalisi merupakan keniscayaan dalam sebuah kompetisi politik. Sebab, membangun daerah dan negara tak bisa dilakukan secara sendirian.

Terpisah, Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyatakan partainya sudah bersepakat koalisi dengan PDIP di Pilkada Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Kedua pihak sepakat mengusung kader Partai Demokrat Sutinah Suhardi Duka sebagai Calon Bupati berpasangan dengan Ketua DPC PDIP Mamuju Ado Mas’ud sebagai Calon Wakil Bupati.

Diketahui, Demokrat telah resmi mengusung anak Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Yuri Kemal dan Nurdiansyah di Pilkada Belitung Timur.

Selain itu, Demokrat juga telah mengusung pasangan Rina Tarol-Doni Indra sebagai calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bangka Selatan di Pilkada 2020.

Meski mengakui ada daerah-daerah yang tetap bekerja sama karena keakraban para politikus dua pihak, Djarot menyebut sebagian besarnya enggan berkoalisi. (ant)