Kastara.ID, Jakarta – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta sukses menggelar lomba fotografi Color of Jakarta (CoJ) 2023. Mengangkat tema ‘Karya Untuk Jakarta’, lomba ini menghasilkan 3.115 karya foto dari 640 peserta. Hari ini (27/7), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyerahkan hadiah kepada para pemenang yang telah dikurasi tim juri profesional.

Pj Gubernur Heru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta CoJ 2023. Pj. Gubernur Heru juga mengundang para juara dari empat nominasi untuk mengikuti Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Selain itu, karya mereka juga akan ditampilkan dalam salah satu acara penting bertaraf internasional.

“Nanti karya mereka akan ditampilkan di Meeting of Mayors and Governors of ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023),” ujarnya dalam acara Awarding CoJ 2023 di Balai Agung, Balai Kota Jakarta.

Pj Gubernur Heru mengaku bahagia melihat begitu besar antusiasme warga Jakarta berpartisipasi dalam CoJ 2023. Ia juga mengajak seluruh pihak untuk terus berkarya dan mengasah kreativitas dengan terus menghasilkan karya foto yang luar biasa untuk membingkai Jakarta.

“Sebanyak 3.115 karya foto yang terkumpul dari para peserta menjadi wujud kepedulian dan kecintaan warga terhadap kotanya. Karya Anda untuk Jakarta akan jadi karya untuk Nusantara,” terangnya.

Pj Gubernur Heru turut mengapresiasi panitia dan dewan juri yang berhasil menyelenggarakan acara ini. Ia berharap, ajang tersebut dapat menjadi tolok ukur dan referensi para fotografer dalam menghasilkan karya foto yang berkualitas. Bukan hanya dari segi visual, tapi juga dari seberapa berdampak pesan yang disampaikan oleh foto tersebut.

Sementara Plt Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menuturkan, kegiatan tersebut dibangun dengan semangat kemitraan untuk dapat menghasilkan karya-karya terbaik bagi Jakarta.

“Sebagai rangkaian lomba, Dinas Kominfotik juga menyelenggarakan kegiatan photo hunting dan workshop. Terkumpul sebanyak 455 karya foto kategori Jakarta Landscape, 557 karya foto kategori Public Space, 491 karya foto kategori Human in Jakarta, dan 1.612 karya foto kategori Photo Series,” terang Sigit.

Untuk sesi penjurian, Dinas Kominfotik DKI Jakarta melibatkan tiga orang dewan juri profesional yaitu Arbain Rambey (Pewarta Foto Indonesia), Barry Kusuma (Travel Fotografer dan Videografer), dan Yusie Meiti (Digital Creator @geonusantara).

“Terkait dengan momentum kegiatan pada hari ini, kami berharap dapat menjadi sarana kemitraan antara Pemprov DKI Jakarta dengan komunitas fotografi dan content creator baik secara langsung maupun melalui karya-karya fotografi,” imbuhnya.

Color of Jakarta merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta. Lomba berlangsung pada 6 Juni-9 Juli 2023. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 15.000.000, juara 2 senilai Rp 10.000.000, dan juara 3 senilai Rp 8.000.000.

Berikut Pemenang Color of Jakarta 2023:

–    Kategori Human in Jakarta

Juara 1: Miftahul Hayat – Pekerja Gedung Jakarta

Juara 2: Galuh Azhar Wicaksana – Gadis Kecil di Jendela Kereta

Juara 3: Gunawan Rustandi – Berkebun di Bawah Tol

–    Kategori Public Space

Juara 1: Ares Jonekson – Menikmati Kopi, Kota dan Senja

Juara 2: Gerdie Hutomo Nurhadi – Asyik Berfoto di Halte Bundaran HI

Juara 3: Indra Ardiaputra – Keindahan GBK Saat Dipadati Pecinta Girlband Asal Korea

–    Kategori Jakarta Landscape

Juara 1: Gerdie Hutomo Nurhadi – Keindahan Halte Tosari

Juara 2: Nofianto – Jakarta Panoramic

Juara 3: Ari Wibisono – Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah

–    Photo Series

Juara 1: Aditia Noviansyah – Overpopulasi Kucing Liar

Juara 2: Galuh Azhar Wicaksana – Warisan Keluarga Lintas Zaman, Maison Weiner

Juara 3: Yulianto – Hiburan Murah Rakyat. (hop)