Kastara.ID, Jakarta – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali mengapresiasi kinerja Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) khususnya mereka yang bertugas di Terminal Hijrah, Madinah.

“Saya bisa melihat secara langsung bagaimana teman-teman yang bertanggung jawab di Terminal Hijrah bekerja dengan baik dan tentu kami apresiasi karena matahari begitu panas dan terik sekali sejak pagi sampai sore ini,” jelas Nizar ketika berkunjung ke Terminal Hijrah, Senin (27/08) sore Waktu Arab Saudi. Saat itu, meski waktu menunjukkan pukul 15.30 namun cuaca dirasakan cukup terik, mencapai 450C.

“Saya rasa perlu diapresiasi karena begitu komitmen dalam bekerja, meskipun di sini hanya mengontrol jumlah bus yang datang,” ujar Dirjen didampingi Direktur Bina Haji Khoirizi dan Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari.

Dirjen mengatakan bahwa para petugas di Terminal Hijrah ini bertugas memastikan bahwa bus-bus yang berangkat di Makkah telah tiba seluruhnya di Madinah. Lalu, bus tersebut akan didata, baik itu nomor bus hingga asal kloter dan embarkasi. Selanjutnya petugas akan berkoordinasi dengan tim terkait di Kota Madinah, terlebih jika ada keterlambatan kedatangan bus.

“Sehingga panitia penyelenggara (petugas) yang di hotel langsung bisa mempersiapkan segala sesuatunya,” ungkap dia.

Terminal Hijrah berada di pinggiran Kota Madinah, sekitar 20 kilometer dari Masjid Nabawi. Semua bus pengangkut jamaah haji harus transit di terminal tersebut untuk pemeriksaan dokumen. Berbeda dengan terminal pada umumnya, di Terminal Hijrah tidak diperkenankan adanya bangunan kantor, terlebih kantor sektor. Para petugas bekerja di bawah terik matahari dan debu pasir yang diterbangkan bus-bus yang datang dan pergi.

 

Ketua Sektor Bir Ali – Terminal Hijrah Sahbudin sebelumnya mengatakan ada 14 petugas yang bertugas di Terminal Hijrah yang bertugas secara bergantian alias shift.

“Kita harus bisa menyesuaikan dengan cuaca di manapun kita berada,” kata Sahbudin. Belum lagi dengan adanya badai pasir yang beberapa kali melanda Terminal Hijrah. “Para petugas ini harus tetap bisa menjaga dirinya dengan baik di samping tanggung jawab melaksanakan tugas terlaksana,” pungkasnya. (put)