Kastara.ID, Jakarta – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta terus mengintensifkan sosialisasi Tertib Berdagang kepada para pedagang yang berjualan saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

Kepala Dinas KUKMP Provinsi DKI Jakarta Adi Ariantara mengatakan, Tertib Berdagang di kawasan HBKB menekankan dua poin penting yang harus dipatuhi pedagang. Pertama, membawa sapu dan keranjang sampah. Kedua, pedagang harus membersihkan area sekitar lapak dagangan setelah berjualan.

“Kami mendorong kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan lingkungan karena itu menjadi tanggung jawab bersama,” ujar Adi, Selasa (27/8).

Adi menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan 15 hingga 20 petugas perwakilan dari lima wilayah kota administrasi secara bergiliran tiap minggunya untuk melakukan sosialisasi dan pengendalian terhadap pedagang. Pengawasan akan dilakukan sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

“Hari Minggu kemarin sudah untuk kali ketiga kita sosialisasi. Petugas kita menyosialisasikan, mengimbau, dan mengendalikan teman-teman pedagang. Ini akan menjadi rutinitas kita untuk mewujudkan Tertib Berdagang di kawasan HBKB,” tandasnya. (hop)