Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA)

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat menyelenggarakan kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA). Kegiatan melibatkan kader PKK kelurahan dan diadakan mulai 23 November-23 Desember 2020.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Pusat Meti Lastri mengatakan, IKRA bertujuan meningkatkan pemanfaatan koleksi perpustakaan dan minat baca masyarakat di masa pandemi COVID-19.

“IKRA merupakan alternatif kegiatan positif bagi masyarakat, memudahkan akses buku saat pandemi, dan meningkatkan partisipasi warga mendukung Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca,” ujarnya (26/11).

Menurutnya, dalam kegiatan ini masyarakat dalam lingkup keluarga akan membaca buku yang telah disediakan. Kemudian menuangkannya dalam bentuk ringkasan

“Kegiatan ini juga didokumentasikan oleh para kader PKK yang selanjutnya dipublikasikan ke berbagai media sosial, baik pribadi maupun instansi terkait. Kader PKK juga akan berkoordinasi dengan tim dari Sudin Pusip Jakarta PusatĀ untuk memonitor kegiatan,” terangnya.

Meti menjelaskan, koleksi buku disediakan oleh masing-masing kelurahan yang bersumber dari layanan paket Sudin Pusip Jakarta Pusat masing-masing 100 eksemplar.

“Pada kwartal IV, area lokasi yang dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan adalah Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kelurahan Galur dan Kelurahan Sawah Besar,” tandasnya. (hop)