Pilkada Pemilu

Kastara.id, Jakarta – Pemerintah memastikan anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 di 171 daerah telah tercukupi.

“Semua anggaran pilkada sudah clear semua. Dari 171 daerah sudah selesai semua,” kata  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, Rabu (27/12).

Menurut Mendagri, 171 daerah telah menyiapkan dana pemilihan lewat mekanisme Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Dana pengamanan, tak semuanya siap. Masih ada beberapa daerah yang belum menyiapkan dana pengamanan sesuai kebutuhan,” tegasnya.

Mendagri mengimbau semua calon yang hendak bertarung di pilkada, dapat bersikap dewasa dalam berkompetisi.

“Jangan sekali-kali kepala daerah yang maju lagi dalam pemilihan, mempolitisasi anggaran untuk kepentingan politik. Jangan gunakan isu SARA, demi untuk keuntungan politik. Apalagi sampai menggunakan fitnah dan ujaran kebencian dalam kampanye,” ungkapnya.

Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 akan digelar serentak di 171 daerah di Indonesia, dengan rincian 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

Sebanyak 17 Provinsi yang menggelar pilkada yaitu: Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. (npm)