Kastara.id, Jakarta – Mobil supercar asal Inggris McLaren 720S memang telah resmi diperkenalkan di hadapan para penggemarnya di Indonesia di Pacific Palace, SCBD, Jakarta, Rabu (26/7) lalu. McLaren 720S menjadi supercar generasi kedua super series dengan interpretasi baru yang menakjubkan tentang language dan dedikasi terhadap prinsip aerodinamis yang memikat, termasuk DNA berperforma extreme.

McLaren 720S dibekali beberapa fitur unggulan seperti Variable Drift Control System (VDC) di mana fitur ini dapat membuat sudut drift yang diatur komputer. Jadi boleh dibilang driver yang tidak memiliki skill drifting akan tetap dapat melakukannya dengan baik. Sasis serat karbon yang berbasis carbon fiber monocoque tub merupakan kunci struktur pusat berat serta ruang interior dan visibilitas yang tak tertandingi.

Salah satu poin kunci dalam desain McLaren 720S adalah tidak adanya intake radiator di sisi mobil di mana fungsi ini dilakukan bukan oleh aerodinamic double-skin unik dari pintu dihedral yang menyalurkan udara ke radiator suhu tinggi yang mendinginkan mesin yang terpasang di pertengahan. Sebuah kontrol sasis Mclaren yang baru, suspensi baru, dan keunggulan yang mapan serta didukung oleh kemudi hidrolik semuanya tergabung untuk memberikan cengkeraman, keseimbangan, dan kinerja cadangan yang besar yang tak tertandingi.

McLaren 720S memiliki bobot lebih ringan, lebih cepat dan bahkan lebih dinamis di banding McLaren 650S pendahulunya, dengan tingkat ruang interior dan kecanggihan yang tak tertandingi dan keluasan dan kedalaman kemampuan yang melibatkan kesenangan berkendara. Sosok supercar ini mengidentifikasi sebagai penafsiran ulang yang mantap tentang bahasa desain McLaren yang berakar pada prinsip aerodinamis.

Luasnya kemampuan dinamis dari setiap McLaren mulai dari tingkat kenyamanan yang tepat dan terkontrol hingga kemampuan pengendalian paling ekstrem. Mobil ini juga memberikan privasi pengemudi yang luar biasa dengan efesiensi aerodinamika super generasi terbaru dipadu sistem sasis yang terbaik.

Dengan dibekali mesin V8 berkapasitas 4.0 liter Turbocharger mampu menyemburkan tenaga 720 HP pada 7.500 rpm dan torsi 770 Nm pada 5.500 rpm. Performa yang dimiliki kemudian disalurkan ke roda belakang melalui transmisi SSG 7 kecepatan sehingga mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 2,9 detik. Sementara untuk menyentuh 200 km/jam hanya membutuhkan waktu 5 detik. Tak heran bila mobil ini dapat menyentuh kecepatan 341 km/jam.

Tidak dapat disangkal McLaren 720S bisa dibilang membran paling distinitif dan luar biasa dengan varian tertinggi dari super series ini menambah jajaran pilihan yang dimiliki Mc Laren kepada pencintanya di Indonesia. Meski belum diketahui berapa harga banderolnya, tetapi sudah tercatat beberapa konsumen yang ingin memilikinya.

Di Indonesia, harga McLaren 720S memang belum secara resmi diumumkan. Namun supercar ini di Inggris dijual Rp 3,8 miliar. Jika dijual di Indonesia, diperkirakan harganya bisa naik hingga tiga kali lipat dengan hitungan pajak PPnBM mencapai 200 persen. Itu pun belum termasuk BBN. (koes)