Pasar Wamena

Kastara.ID, Jayapura – Hari ketiga kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Provinsi Papua dan Papua Barat meninjau Pasar Wouma di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua (28/10).

Presiden mengatakan akan memprioritaskan rehabilitasi pasar yang menjadi salah satu titik kerusuhan di Wamena, beberapa waktu lalu.

Sebab, pasar merupakan di mana rakyat, masyarakat menjual produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat di Wamena dan di sekitar Wamena dan sekitarnya.

Rehabilitasi Pasar Wouma sendiri ditargetkan Kepala Negara akan rampung dalam tempo dua pekan akan dikerjakan oleh Zeni TNI.

Tak hanya pasar, Presiden juga telah memerintahkan jajarannya untuk merehabilitasi rumah warga maupun rumah toko (ruko) yang rusak akibat kerusuhan.

Perbaikan rumah warga akan dikerjakan secara swakelola, kerja sama Zeni dengan BUMN, agar lebih cepat.

Sementara itu, untuk rehabilitasi kantor Bupati akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat ini perbaikan tersebut masih dalam proses.

Jokowi juga mengimbau agar seluruh masyarakat belajar dari pengalaman dan menjadikannya pelajaran yang baik dan harus memegang komitmen untuk bersatu membangun Tanah Papua.

Sebelum meninjau pasar, Presiden Jokowi terlebih dahulu meninjau dan mendengar penjelasan proyek pengembangan Bandara Wamena. Dari Pasar Wouma, Presiden kemudian meninjau kantor Bupati Jayawijaya yang juga menjadi titik kerusuhan di Wamena.

Saat meninjau Pasar Wouma, Presiden Jokowi didampingi Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Plt. Kapolri Komjen Ari Dono, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Bupati Jayawijaya Jhon Banua. (yan)